MAKALAH
“Kewirausahaan Pulsa Elektrik”
Di Susun Oleh :
Nama : Saya
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur atas
kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat,taufik dan
hidayah-Nya. Sehingga pada hari ini kita masih diberi nikmat Iman,Islam dan
Ihsan. Sholawat serta salam senantiasa tercurah atas junjungan kita
Nabi besar Agung Muhammad SAW,yang telah menuntun kita dari zaman Jahiliyah
(kebodohan) menuju zaman ilmiah (keilmuan).
Dalam pembuatan makalah ini tidak lepas dari
kendala,sehingga penulis pada saat itu kesulitan membuat makalah ini namun
karena ada beberapa bantuan dari pihak lain akhirnya penulis dapat
menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini belum dapat dikatakan sempurna.
Oleh kerena itu, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR........................................................................................................
1
DAFTAR
ISI......................................................................................................................
2
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.......................................................................................................
4
B. Rumusan
Masalah.................................................................................................. 4
C. Tujuan
Penulisan.................................................................................................... 4
BAB
II KAJIAN TEORI
A. Pengertian
1. Pengertian
Pulsa.............................................................................................. 5
BAB
III METODE PENELITIAN
Metode
Penelitian................................................................................................. 6
BAB
IV PEMBAHASAN
A. Modal.................................................................................................................... 7
B. Tempat.................................................................................................................. 7
C. Pelayanan.............................................................................................................. 7
D. Saingan................................................................................................................. 7
E. Manajemen
Keuangan.......................................................................................... 7
Aspek Organisasi Dan
Manajemen............................................................................ 8
Analisis
SWOT.......................................................................................................... 10
BAB
V PENUTUP
Penutup......................................................................................................................
11
Saran......................................................................................................................... 11
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................... 12
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Semakin
canggihnya dunia komunikasi melalui telepon genggam, masyarakat sangat
memerlukan biaya untuk berkomunikasi. Karena untuk berkomunikasi, telepon
genggam memerlukan pulsa, baik pulsa yang berupa voucher ataupun elektrik.
Sudah bisa dipastikan bahwa orang yang memiliki telepon genggam tidak dapat
hidup tanpa pulsa.
Melihat masih jarangnya
para penjual pulsa elektrik di wilayah tempat dimana saya tinggal dan kampus
tempat saya menuntut ilmu, saya berencana mendirikan usaha penjualan pulsa
elektrik.
Telepon
genggam sudah tidak lagi menjadi kebutuhan barang mewah tetapi sudah menjadi
kebutuhan barang pelengkap. Telepon genggam bisa dikatakan sebagai kebutuhan
barang pelengkap karena hampir seluruh lapisan masyarakat dari kalangan bawah,
menengah, dan atas mampu memiliki telepon genggam. Bahkan ada beberapa orang
yang memiliki telepon genggam lebih dari satu telepon. Namun telepon genggam
yang mereka miliki berbeda-beda tipe dan merknya disesuaikan dengan daya beli
masyarakat dan pendapatan masyarakat tersebut.
Semakin bertambah
majunya dunia komunikasi, semakin memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi
dengan masyarakat lainnya. Namun ada pula masyarakat yang menginginkan telepon
genggam bukan sebagai alat komunikasi saja tetapi sebagai gaya hidup. Telepon
genggam dengan fasilitas internet bisa juga digunakan sebagai alat untuk
menambah ilmu pengetahuan.
B. Rumusan Masalah
1.
Bagaimanakah modal yang ideal untuk perjualan isi ulang pulsa itu?
2.
Dan berapakah modal yang
diinvestasikan penulis dalam membuka usaha jual isi ulang pulsa?
3.
Dimanakah tempat atau lokasi yang sesuai untuk bisnis jual pulsa?
4.
Bagaimanakah pelayanan yang dilakukan oleh penulis kepada para pelanggan?
5.
Bagaimanakah cara penulis agar mampu bertahan dengan para saingan?
6.
Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik
C. Tujuan Penullisan
1.
Mengetahui pengertian Pulsa
2.
Mengetahui Perkembangan Manajemen Pulsa Di indonesia
3.
Mengetahui cara pendekatan dalam penjualan pulsa
BAB
II
KAJIAN TEORI
A.
PENGERTIAN
1.
Pulsa adalah alat satuan
perhitungan biaya telepon, sebelum masuknya kita ke era telepon genggam,
istilah ini memang tidak terlalu populer diantara kita karena memang PSTN atau
fixed line lebih ke arah perhitungan tagihan (pascabayar) jadi pakai dulu baru
bayar walhasil tidak ada istilahnya habis
BAB III
METODE PENELITIAN
Metode yang di gunakan
dalam penulisan adalah metode deskriptif. Melalui metode ini penulis
menguraikan permasalahan yang di bahas secara explanation atau penjelasan yang
komperhensife. Data dalam makalah ini di kumpulkan dengan menggunakan study
pustaka, artinya penulis mengambil data melalui media pustaka dalam penyusunan
makalah ini dan di tambah refrensi dari media internet. Penulis mencantumkan
baerbagai sumber untuk penulisan makalah ini.
BAB IV
PEMBAHASAN
A.
Modal
Modal
merupakan syarat yang paling utama dalam menjalankan bisnis. Modal berpengaruh
besar terhadap perusahaan yang akan dibangun. Apakah perusahaan itu berskala
besar atau kecil. Modal bisa berasal dari milik (kekayaan) sendiri atau pinjam
ke suatu lembaga. Menginvestasikan modal harus rasional (masuk akal), artinya
harus disesuaikan dengan perusahaan apa yang akan dibangun, sehingga penggunaan
akan modal tersebut bisa lebih efektif.
Dalam
hal ini, yaitu menjual isi ulang pulsa, modal yang ideal untuk
diinvestasikan tidak perlu banyak, hanya perlu sebuah kios (tidak perlu besar)
dan persediaan pulsa seperlunya yang cukup untuk digunakan beberapa bulan. Jika
perlu ditambah dengan berbagai keperluan lain dan accessories/pernak-pernik.
B.
Tempat
Tempat juga sangat
berpengaruh dalam menjalankan suatu bisnis, terutama bisnis perdagangan(merchandise).
Tempat yang strategis akan lebih berpotensial daripada tempat yang tidak
strategis. Seperti di pasar, di sekitar perumahan, di depan gang dan lain-lain,
artinya tempat tersebut dilalui oleh banyak orang.
Penjualan
pulsa juga bisa dilakukan tanpa tempat. Karena saat ini sudah ada sistem
penjualan secara M-tronik, sehingga pejualan dapat dilakukan melalui Hp
pribadi. Seperti yang dilakukan penulis. walaupun sibuk dengan aktifitas kuliah
dan sebagainya, namun penulis bisa melanjutkan usahanya. menjual
C.
Pelayanan
Pelayanan
akan berpengaruh pada pelanggan. Jika pelayanannya kurang baik, maka pelanggan
akan pindah ke tempat lain. Menjaga loyalitas pelanggan sangat penting. karena
demi berlangsungnya suatu usaha untuk ke depannya. Penulis dalam masalah ini,
.untuk mengatasi saingan yaitu dengan cara memberikan diskon bagi pelanggan
yang sudah beberapa kali memakai produk penulis dan pelayanan yang cepat
apabila ada pesanan.
D.
Saingan
Saingan
dalam bisnis seperti ini sangat besar, oleh sebab itu permasalahan-permasalahan
di atas sudah diatasi terlebih dahulu. Karena modal, lokasi, dan pelayanan akan
berpengaruh pada kekuatan suatu pengusaha unuk bersaing. Modal yang lebih
besar, lokasi yang lebih strategis dan pelayanan yang baik, akan bisa lebih
kuat dalam bersaing.
E.
Manajemen Keuangan
Banyak
penjual pulsa yang gagal karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik.
Padahal bisnis seperti ini sangat mudah. Mengatur keuangan seharusnya kas untuk
pulsa dengan kas pribadi dipisahkan. Tidak boleh sekali-kali menyentuh kas
tersebut untuk keperluan pribadi. Walaupun ada kebutuhan mendadak.
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1. Tim Manajemen
Dalam usaha ini pengusaha tidak membentuk tim manajemen karena dalam
mengelola usaha ini hanya dikelola oleh satu orang saja.
2. Jenis dan Volume Pekerjaan
Jenis pekerjaan yang dilakukan dalam usaha ini adalah penjualan pulsa.
Jenis volume kerja adalah melakukan penjualan, pemasaran dan meningkatkan
pelayanan prima tehadap konsumen dan/atau calon konsumen.
3. Masalah dan Hambatan yang Potensial dalam
Usaha
a. Munculnya pesaing - pesaing
baru
b. Keterlambatan pembayaran dari
pelanggan yang membeli pulsa secara pesanan
c. Stok pulsa yang sering habis.
4. Rencana Penyelesaian Masalah
a. Meningkatkan pelayanan kepada
konsumen agar konsumen tidak berpindah ke pesaing.
b. Menerapkan system batas waktu
pembayaran dan bagi pelanggan yang belum melunasi pembayaran sampai batas waktu
yang ditetapkan maka diberikan peringatan/pemberitahuan untuk membayar.
c. Melakukan pengecekan saldo
pulsa setiap telah melakukan transaksi agar dapat diketahui jika saldo mulai
menipis kemudian melakukan pengisian ulang.
Aspek
Pemasaran
1. Segmen Pasar
Konsumen yang dituju adalah
masyarakat yang menggunakan telepon
genggam. Daerah pemasarannya adalah daerah sekitar tempat usaha.
2. Strategi Pemasaran
Cara penjualan yang dilayani
adalah dengan cara penjualan langsung dan secara pesanan. Penjualan langsung
dilakukan dengan cara pembeli datang langsung kepada pengusaha. Sedangkan
penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan pulsa melalui
sms sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. Cara ini memudahkan
konsumen dalam membeli pulsa jika tidak dimungkinkan untuk menemui pengusaha.
Namun cara pesanan ini hanya berlaku
bagi konsumen yang berlangganan dan sudah diketahui identitasnya secara jelas.
3. Promosi
Promosi yang dilakukan dengan
cara promosi dari mulut ke mulut dan melakukan promosi langsung kepada
konsumen.
Aspek
Pesaing
A.
Aspek Harga Pokok
Pengusaha menentukan harga pokok produk berdasarkan harga produk tersebut
dari pemasok.
B.
Aspek Biaya
Selain aspek – aspek yang telah disebutkan diatas, perlu diperhatikan
tentang aspek biaya. Hal ini sangat penting karena biaya juga merupakan
pengeluaran yang perlu diperhatikan untuk menentukan harga pokok dan laba/rugi
suatu usaha.
ANALISIS
SWOT
A.
Faktor Internal
1).
Kekuatan (Strength)
A.
Produk pulsa elektrik ini tersedia untuk semua operator sehingga produk ini
dapat digunakan semua kalangan.
B.
Produk pulsa elektrik ini tidak akan kadaluarsa meskipun tidak habis terjual
dalam satu hari.
2).
Kelemahan (Weakness)
A. Belum memiliki cukup
pengalaman dalam memulai usaha pulsa elektrik.
B. Hanya Memiliki Modal
yang terbatas
B. Faktor Eksternal
1).
Peluang (Opportunities)
A.
Banyaknya konsumen karena bisa dipastikan bahwa semua orang yang memiliki
telepon genggam sangat membutuhkan pulsa.
B.
Pemasarannya bisa dibilang sangat mudah karena saya hidup di lingkungan yang
padat penduduk dan hampir semua masyarakat di sekitar tempat tinggal saya
memiliki telepon genggam.
2).
Ancaman (Threats)
A.
Rendahnya kesadaran pembeli di kalangan mahasiswa/teman-teman kampus untuk membayar pulsa tepat waktu.
B. Adanya keterlambatan dalam melakukan
pengisiin pulsa
BAB
V
PENUTUP
Kesimpulan
Pulsa elektrik ini
merupakan produk yang bisa dibilang sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat
yang memiliki telepon genggam. Apalagi di jaman sekarang ini, banyak orang yang
memiliki telepon genggam lebih dari satu.
Saran
Usaha pulsa elektrik
ini tidak memerlukan kreativitas maupun keterampilan. Dalam menjalankan usaha
pulsa elektrik ini yang diperlukan adalah ketelitian dalam membuat catatan
penjualan sehingga kerugian pun bisa diminimalisir
DAFTAR
PUSTAKA
baca artikel saya mungkin saja berguna untuk anda Tips Bertaruh Cerdas Bersama Agen Bola Terbaik terima kasih..
BalasHapus