Kamis, 02 Maret 2017

Makalah Kewirausahaan Pulsa Elektrik

MAKALAH
“Kewirausahaan Pulsa Elektrik”

 
















Di Susun Oleh :
Nama  : Saya






KATA PENGANTAR

Puji dan syukur atas kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat,taufik dan hidayah-Nya. Sehingga pada hari ini kita masih diberi nikmat Iman,Islam dan Ihsan. Sholawat serta salam senantiasa tercurah  atas junjungan kita Nabi besar Agung Muhammad SAW,yang telah menuntun kita dari zaman Jahiliyah (kebodohan) menuju zaman ilmiah (keilmuan).
Dalam pembuatan makalah ini tidak lepas dari kendala,sehingga penulis pada saat itu kesulitan membuat makalah ini namun karena ada beberapa bantuan dari pihak lain akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini belum dapat dikatakan sempurna. Oleh kerena itu, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................................ 1
DAFTAR ISI......................................................................................................................  2

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.......................................................................................................  4
B.     Rumusan Masalah..................................................................................................  4
C.     Tujuan Penulisan....................................................................................................  4
BAB II KAJIAN TEORI
A.    Pengertian
1.      Pengertian Pulsa..............................................................................................  5
BAB III METODE PENELITIAN
            Metode Penelitian.................................................................................................  6
BAB IV PEMBAHASAN
A.    Modal....................................................................................................................  7
B.     Tempat..................................................................................................................  7
C.     Pelayanan..............................................................................................................  7
D.    Saingan.................................................................................................................  7
E.     Manajemen Keuangan..........................................................................................  7
Aspek Organisasi Dan Manajemen............................................................................  8
Analisis SWOT..........................................................................................................  10
BAB V PENUTUP
      Penutup...................................................................................................................... 11
      Saran.........................................................................................................................  11

DAFTAR PUSTAKA...................................................................................................  12




BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Semakin canggihnya dunia komunikasi melalui telepon genggam, masyarakat sangat memerlukan biaya untuk berkomunikasi. Karena untuk berkomunikasi, telepon genggam memerlukan pulsa, baik pulsa yang berupa voucher ataupun elektrik. Sudah bisa dipastikan bahwa orang yang memiliki telepon genggam tidak dapat hidup tanpa pulsa.
Melihat masih jarangnya para penjual pulsa elektrik di wilayah tempat dimana saya tinggal dan kampus tempat saya menuntut ilmu, saya berencana mendirikan usaha penjualan pulsa elektrik.
Telepon genggam sudah tidak lagi menjadi kebutuhan barang mewah tetapi sudah menjadi kebutuhan barang pelengkap. Telepon genggam bisa dikatakan sebagai kebutuhan barang pelengkap karena hampir seluruh lapisan masyarakat dari kalangan bawah, menengah, dan atas mampu memiliki telepon genggam. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki telepon genggam lebih dari satu telepon. Namun telepon genggam yang mereka miliki berbeda-beda tipe dan merknya disesuaikan dengan daya beli masyarakat dan pendapatan masyarakat tersebut.
Semakin bertambah majunya dunia komunikasi, semakin memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dengan masyarakat lainnya. Namun ada pula masyarakat yang menginginkan telepon genggam bukan sebagai alat komunikasi saja tetapi sebagai gaya hidup. Telepon genggam dengan fasilitas internet bisa juga digunakan sebagai alat untuk menambah ilmu pengetahuan.
B.  Rumusan Masalah
1.    Bagaimanakah modal yang ideal untuk perjualan isi ulang pulsa itu?
2.    Dan berapakah modal  yang diinvestasikan penulis dalam membuka usaha jual isi ulang pulsa?
3.    Dimanakah tempat atau lokasi yang sesuai untuk bisnis jual pulsa?
4.    Bagaimanakah pelayanan yang dilakukan oleh penulis kepada para pelanggan?
5.    Bagaimanakah cara penulis agar mampu bertahan dengan para saingan?
6.    Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik



C.  Tujuan Penullisan
1. Mengetahui pengertian Pulsa
2. Mengetahui Perkembangan Manajemen Pulsa Di indonesia
3. Mengetahui cara pendekatan dalam penjualan pulsa


BAB II
KAJIAN TEORI

A.    PENGERTIAN
1.    Pulsa adalah alat satuan perhitungan biaya telepon, sebelum masuknya kita ke era telepon genggam, istilah ini memang tidak terlalu populer diantara kita karena memang PSTN atau fixed line lebih ke arah perhitungan tagihan (pascabayar) jadi pakai dulu baru bayar walhasil tidak ada istilahnya habis

























BAB III         
METODE PENELITIAN

Metode yang di gunakan dalam penulisan adalah metode deskriptif. Melalui metode ini penulis menguraikan permasalahan yang di bahas secara explanation atau penjelasan yang komperhensife. Data dalam makalah ini di kumpulkan dengan menggunakan study pustaka, artinya penulis mengambil data melalui media pustaka dalam penyusunan makalah ini dan di tambah refrensi dari media internet. Penulis mencantumkan baerbagai sumber untuk penulisan makalah ini.

































BAB IV
PEMBAHASAN

A.      Modal
      Modal merupakan syarat yang paling utama dalam menjalankan bisnis. Modal berpengaruh besar terhadap perusahaan yang akan dibangun. Apakah perusahaan itu berskala besar atau kecil. Modal bisa berasal dari milik (kekayaan) sendiri atau pinjam ke suatu lembaga. Menginvestasikan modal harus rasional (masuk akal), artinya harus disesuaikan dengan perusahaan apa yang akan dibangun, sehingga penggunaan akan modal tersebut bisa lebih efektif.

      Dalam hal ini, yaitu menjual  isi ulang pulsa, modal yang ideal untuk diinvestasikan tidak perlu banyak, hanya perlu sebuah kios (tidak perlu besar) dan persediaan pulsa seperlunya yang cukup untuk digunakan beberapa bulan. Jika perlu ditambah dengan berbagai keperluan lain dan accessories/pernak-pernik.
B.         Tempat
     Tempat juga sangat berpengaruh dalam menjalankan suatu bisnis, terutama bisnis perdagangan(merchandise). Tempat yang strategis akan lebih berpotensial daripada tempat yang tidak strategis. Seperti di pasar, di sekitar perumahan, di depan gang dan lain-lain, artinya tempat tersebut dilalui oleh banyak orang.
      Penjualan pulsa juga bisa dilakukan tanpa tempat. Karena saat ini sudah ada sistem penjualan secara M-tronik, sehingga pejualan dapat dilakukan melalui Hp pribadi. Seperti yang dilakukan penulis. walaupun sibuk dengan aktifitas kuliah dan sebagainya,  namun penulis bisa melanjutkan usahanya. menjual
C.      Pelayanan
      Pelayanan akan berpengaruh pada pelanggan. Jika pelayanannya kurang baik, maka pelanggan akan pindah ke tempat lain. Menjaga loyalitas pelanggan sangat penting. karena demi berlangsungnya suatu usaha untuk ke depannya. Penulis dalam masalah ini, .untuk mengatasi saingan yaitu dengan cara memberikan diskon bagi pelanggan yang sudah beberapa kali memakai produk penulis dan pelayanan yang cepat apabila ada pesanan.
D.       Saingan
     Saingan dalam bisnis seperti ini sangat besar, oleh sebab itu permasalahan-permasalahan di atas sudah diatasi terlebih dahulu. Karena modal, lokasi, dan pelayanan akan berpengaruh pada kekuatan suatu pengusaha unuk bersaing. Modal yang lebih besar, lokasi yang lebih strategis dan pelayanan yang baik, akan bisa lebih kuat dalam bersaing.
E.       Manajemen Keuangan
      Banyak penjual pulsa yang gagal karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Padahal bisnis seperti ini sangat mudah. Mengatur keuangan seharusnya kas untuk pulsa dengan kas pribadi dipisahkan. Tidak boleh sekali-kali menyentuh kas tersebut untuk keperluan pribadi. Walaupun ada kebutuhan mendadak.









ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

1.    Tim Manajemen
Dalam usaha ini pengusaha tidak membentuk tim manajemen karena dalam mengelola usaha ini hanya dikelola oleh satu orang saja.

2.    Jenis dan Volume Pekerjaan
Jenis pekerjaan yang dilakukan dalam usaha ini adalah penjualan pulsa.
Jenis volume kerja adalah melakukan penjualan, pemasaran dan meningkatkan pelayanan prima tehadap konsumen dan/atau calon konsumen.

3.    Masalah dan Hambatan yang Potensial dalam Usaha
a.    Munculnya pesaing - pesaing baru
b.    Keterlambatan pembayaran dari pelanggan yang membeli pulsa secara pesanan
c.    Stok pulsa yang sering habis.

4.    Rencana Penyelesaian Masalah
a.    Meningkatkan pelayanan kepada konsumen agar konsumen tidak berpindah ke pesaing.
b.    Menerapkan system batas waktu pembayaran dan bagi pelanggan yang belum melunasi pembayaran sampai batas waktu yang ditetapkan maka diberikan peringatan/pemberitahuan untuk membayar.
c.    Melakukan pengecekan saldo pulsa setiap telah melakukan transaksi agar dapat diketahui jika saldo mulai menipis kemudian melakukan pengisian ulang.

Aspek Pemasaran

1.    Segmen Pasar
       Konsumen yang dituju adalah masyarakat yang menggunakan  telepon genggam. Daerah pemasarannya adalah daerah sekitar tempat usaha.

2.    Strategi Pemasaran
       Cara penjualan yang dilayani adalah dengan cara penjualan langsung dan secara pesanan. Penjualan langsung dilakukan dengan cara pembeli datang langsung kepada pengusaha. Sedangkan penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan pulsa melalui sms sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. Cara ini memudahkan konsumen dalam membeli pulsa jika tidak dimungkinkan untuk menemui pengusaha. Namun cara pesanan ini hanya  berlaku bagi konsumen yang berlangganan dan sudah diketahui identitasnya secara jelas.

3.    Promosi
       Promosi yang dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut dan melakukan promosi langsung kepada konsumen.


Aspek Pesaing

A.      Aspek Harga Pokok
Pengusaha menentukan harga pokok produk berdasarkan harga produk tersebut dari pemasok.

B.        Aspek Biaya
Selain aspek – aspek yang telah disebutkan diatas, perlu diperhatikan tentang aspek biaya. Hal ini sangat penting karena biaya juga merupakan pengeluaran yang perlu diperhatikan untuk menentukan harga pokok dan laba/rugi suatu usaha.





















ANALISIS SWOT

A. Faktor Internal
1). Kekuatan (Strength)
A. Produk pulsa elektrik ini tersedia untuk semua operator sehingga produk ini dapat   digunakan semua kalangan.
B. Produk pulsa elektrik ini tidak akan kadaluarsa meskipun tidak habis terjual dalam satu  hari.
2). Kelemahan (Weakness)
A. Belum memiliki cukup pengalaman dalam memulai usaha pulsa elektrik.
B. Hanya Memiliki Modal yang terbatas

B.  Faktor Eksternal
1). Peluang (Opportunities)
A. Banyaknya konsumen karena bisa dipastikan bahwa semua orang yang memiliki telepon genggam sangat membutuhkan pulsa.
B. Pemasarannya bisa dibilang sangat mudah karena saya hidup di lingkungan yang padat penduduk dan hampir semua masyarakat di sekitar tempat tinggal saya memiliki telepon genggam.
2). Ancaman (Threats)
A. Rendahnya kesadaran pembeli di kalangan mahasiswa/teman-teman kampus untuk  membayar pulsa tepat waktu.
B.  Adanya keterlambatan dalam melakukan pengisiin pulsa






BAB V
PENUTUP

Kesimpulan
Pulsa elektrik ini merupakan produk yang bisa dibilang sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat yang memiliki telepon genggam. Apalagi di jaman sekarang ini, banyak orang yang memiliki telepon genggam lebih dari satu.

Saran
Usaha pulsa elektrik ini tidak memerlukan kreativitas maupun keterampilan. Dalam menjalankan usaha pulsa elektrik ini yang diperlukan adalah ketelitian dalam membuat catatan penjualan sehingga kerugian pun bisa diminimalisir
















DAFTAR PUSTAKA


1 komentar: